Mengenal Scratch Junior (ScratchJr) Bersama Pak Zaki

No comments

ScratchJr adalah aplikasi Scratch yang cocok untuk anak-anak yang belum bisa membaca dan menulis. Bisa untuk anak PAUD dan TK. Namun bisa juga menarik untuk anak SD dan juga orang dewasa.

Pak Zaki, adalah guru komputer dan coding dari SD Muhammadiyah Manyar Gresik. Dan tempo hari berkenan untuk sharing mengenalkan ScratchJr bersama beberapa anak-anak. Berikut videonya:



Channel You Tube Pak Zaki


Pak Zaki juga membuat beberapa tutorial ScratchJr di Channel You Tube pribadinya, bisa diakses di sini ya https://www.youtube.com/playlist?list=PLhzdZ6Hi9ZpGFGm-YL98XhdY_eui_vkoO . Ingat untuk Subscribe juga ya :)



Cara Install ScratchJr

ScratchJr ini awalnya hanya bisa digunakan di mobile gadget seperti hp android, tablet android dan ipad. Untuk iphone tidak bisa. 

Silahkan mengunduh dari website https://www.scratchjr.org/ juga untuk mengakses materi tutorial dan cara mengajarkannya pada anak-anak. 

Dalam perkembangannya, beberapa programmer mengembangkan ScratchJr Desktop yang bisa diunduh dan diinstal di laptop/komputer. Bisa diunduh di website ini https://jfo8000.github.io/ScratchJr-Desktop/

Sayangnya, ScratchJr tidak bisa dimainkan dan dibagikan secara online. Hanya terbatas di masing-masing device. Tapi tidak apa-apa, yang penting adalah menikmati proses berkreasi dan berkarya membuat project coding sesuai imajinasi kalian. 

Jika ingin membagikannya di media sosial milik ibu/bapaknya di rumah, bisa sertakan tagar #ayobermaincoding dan mention ke @kelaskudigital dan @ayobermaincoding. Maka postingannya akan kami repost dan kita bisa bermain coding bersama. 

Akhir kata, terima kasih untuk Pak Zaki atas waktu dan kesediaannya mengenalkan ScratchJr kepada kami. 

No comments