Ingat Enzym Kembali

1 comment
Beberapa bulan ini saya sering sekali sakit. Entah itu flu, batuk, pusing, gampang capek, susah tidur, linu semua ketika bangun tidur, duh lengkap ya.Secara umur saya ya belum tua bangetlah sebenarnya. Masih 25 tahun, #eh, nambah 10 tahun lagi ding, hehe.

Semula saya yakin tidak ada apa-apa yang buruk dalam kesehatan saya. Capek, dll itu saya anggap karena kerjaan saya kan sekarang jadi dobel. Ngurus rumah tangga, anak, juga nambah kuliah lagi. Eh ternyata, di suatu saat, sempat badan saya drop banget dan aneh.

badan pegel banget. Apalagi tangan kanan. Lengan kanan saya ini sakit sekali jika digerakkan. bahkan untuk cuci piring dan masak, itu harus nahan sakitnya minta ampun. Saya bingung juga, kenapa ini. Karena memang di lengan kanan saya, ada benjolan lemak yang kalau orang Jawa nyebutnya "uci-uci". Lalu muncul dua benjolan kecil lagi, di dekatnya. Nah benjolan baru ini mungkin yang nyerempet syaraf ya, jadi nyeri sekali. Terutama kalau saya lagi capek banget, atau kebanyakan minum kopi. Kopi? iya beneran ternyata, jika kebanyakan kafein ternyata badan saya ada reaksinya, yang linu jadi linu.

Beberapa malam saya tak bisa tidur karena sakit di lengan kanan itu, sampai saya kerokin juga, sakitnya belum juga reda. Dan mampirlah ke ibu dokter. Trengtengteng, ternyata eh ternyata, saya harus cek darah. Dan mengejutkan sekali, ternyata kolesterol saya lumayan tinggi. Yaitu 217, dengan nilai normal maksimalnya 200. "Pantesan ibu sakit semua badannya," itu kata dokter.

Bener nih kata teman saya, kalau kolesterol saya tinggi. Teman saya bilang begitu karena saya sering mengeluh, tiap hari kok rasanya masuk angin terus dan gampang ngantuk. Terlebih badan rasanya pegel aja. Dan bener loh, saat menunggu hasil tes darah waktu itu, saya ngantuk sekali tak bisa ditahan. Sampai saya nekad cuek selonjoran dan tidur di kursi tunggu. Waktu itu saya ke dokter sendirian.

Pulang dari situ, wah saya parah juga ternyata. Kesehatan lagi eror banget. Berat badan saya juga melar banget, perut buncit juga. Saya sering makan di malam hari, ketika lapar setelah begadang mengerjakan tugas kuliah. Setelah makan pun saya sering langsung jatuh tertidur. Ketika makan siang pun,begitu. Saya sering merasa ngantuk sekali setelah makan siang. Saya pun tidak pernah berolah raga dalam bentuk apapun, kecuali mengerjakan tugas rumah tangga - jika ini bisa disebut olah raga ya :)

Saya makan nasi banyak banget. Entah karena apa, saya rasanya kelaparan terus. Dan harus makan nasi banyak. Kurang sayur apalagi buah. Parah memang. Nggak kaget kalau kolesterol saya kena. Untung asam urat, dll aman.

Selanjutnya saya pun browsing lah, mau gimana lagi kecuali ke mbah google hayo. Saya cari tahu cara menurunkan kolesterol. Dan jawabannya banyak makan kacang panjang, buncis, jamur dan makanan lainnya. Saya pun melakukannya, dan ada perubahan dalam tubuh saya.

Tetapi saya masih saja belum merasa fresh, seger. Lesu aja. Mungkin terpengaruh emosi saya juga kali ya, galau melulu, hehehe. Juga mikir, nanti kuliah gimana,  biar cepet lulus gimana, kalau udah lulus gimana. Ditambah kondisi Anak mau UNAS kelas 6 SD. Adiknya juga rada males belajar. Sementara mereka semua belajar dari saya dan bapaknya aja, nggak pake bimbel. Jadi ya, mau nggak mau, isi kepala dan batin saya beraaat juga deh. saya lagi SUTRISS sebenarnya dah, alias stres.

Saya sering sekali ketika drop di atas tempat tidur, kepikiran, apa saya ini mau meninggal ya? kok rasanya badan sakit melulu.

lalu saya pun merenung. Jalan keluar satu-satunya ya, saya harus berubah. Mengubah gaya makan, gaya hidup, olahraga dan mengatur kendali pada perasaaan dan pikiran saya kembali. Saat itu saya terpekur dan sudahlah menyerah kepada-Nya. Yang terjadi di masa depan, terjadilah Ya Rabb. Aku berserah kepada-Mu. Kuserahkan hidup dan matiku hanya untuk-Mu. Saya pun berpikir, perlu untuk masuk rutin mengaji lagi di pondok seperti setahun sebelumnya saya lakukan.

Hidup saya sedang tidak seimbang secara jasmani dan rohani. jadi efeknya pun saya sering sakit-sakitan. Saat ini pun saya belum pulih dari sakit flu seminggu lebih. Obat bebas dan obat dokter belum bisa menyembuhkan total. Saya akhirnya berhenti saja minum obatnya.

Alhamdulillah,ada kakak yang sedan diet ala FC (Food Combining) menyarankan saya mengikuti cara makannya. Biarpun saya sering dibikin keki, karena dianggap cemen kagak berani diet, akhirnya saya ikuti saja. Saya bawa bukunya dan membacanya. Dan , Ya Rabb... memang benar tulisan di buku ini,

Poin penting dalam buku ini bagi saya adalah, lihatlah kesehatan tubuh itu sampai dalam bentuk sel-nya. Adanya regenerasi sel, adanya enzym yang itu semua produk utamanya ya dari air dan makanan. Maka cara makan kita yang harus dibenahi. Ah benar juga, saya belajar tentang metabolisme tubuh sampai dalam tahap sel di kelas biokimia, jadi saya yakin kebenaran penelitian dokter kelahiran Jepang di buku ini.

baiklah saya mulai untuk mempraktekkannya :
1. bangun tidur, ketika perut kosong, saya minum air jeniper hangat. lalu keluar rumah, menghirup udara segar.
2. lalu saya minum air 1 gelas. pelan-pelan minumnya.
3. saya makan sepotong kecil pepaya segar
4. 30 menit kemudian, saya sarapan.
5. ketika makan saya mengunyah 30 kali lebih, sampai benar-benar halus agar tercampur enzym di mulut dengan sempurna sehingga meringankan kerja usus saya.
6. setelah makan, saya tidak banyak minum air seperti biasanya, supaya enzym tidak encer.

dan begitulah, cukup terasa juga badan ini lebih segar tidak berat sekali seperti sebelumnya.
Perjalanan saya menuju sehat masih jauh, tapi saya akan berusaha untuk istikomah. Saya ingin sehat segar sampai nenek-nenek. Amin.


\

1 comment